ABSTRAK

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARCS
(ATENTTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION)
TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII
SEMESTER GENAP SMP NEGERI 2 UBUD
TAHUN PELAJARAN 2010/2011


Rendahnya prestasi belajar yang akan dicapai seorang siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Selain hal tersebut, motivasi juga berpengaruh terhadap prestasi belajar. Semakin kuat motivasi belajar, semakin baik pula hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan suatu model pembelajaran yang tidak hanya terfokus pada pola penyampaian materi dan penggunaan media pembelajaran saja tetapi juga lebih menekankan pada pengelolaan dan peningkatan motivasi belajar siswa. Salah satu model yang dapat digunakan adalah model pembelajaran ARCS.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran ARCS  terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 2 Ubud tahun pelajaran 2010/2011? (2) Bagaimana respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran ARCS  dalam pembelajaran matematika? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran ARCS terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 2 Ubud tahun pelajaran 2010/2011, (2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran ARCS dalam pembelajaran matematika.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 2 Ubud tahun pelajaran 2010/2011. Dari pengambilan sampel yang dilakukan secara acak, diperoleh kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan VIII C sebagai kelompok kontrol. Setelah dilakukan pemadanan diperoleh jumlah keseluruhan sampel 60 orang siswa. Untuk data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode tes, yaitu tes prestasi belajar dan selanjutnya dianalisis menggunakan rumus t-test. Sedangkan, data respon siswa dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif.
Hasil analisis data prestasi belajar dengan taraf signifikan 5% diperoleh t(hitung) = 2,188, sedangkan  t(tabel) = 2,045. Sehingga, t(hitung) lebih besar dari t(tabel), berarti hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal tersebut, menunjukkan ada pengaruh penerapan model pembelajaran ARCS  terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 2 Ubud tahun pelajaran 2010/2011. Dari hasil analisis respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran ARCS  dalam pembelajaran matematika tergolong dalam kategori positif

Kata kunci: Model Pembelajaran ARCS, Prestasi Belajar Matematika.

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan
EmoticonEmoticon