Cara Upgrade Kartu XL 3G ke 4G Secara Mandiri Tanpa Kehilangan Pulsa, Kuota, dan Kontak

Jaringan 4G merupakan pengembangan teknologi komunikasi generasi sebelumnya yaitu 3G. 4G  adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris yaitu "fourth generation technology". Ada dua sebutan untuk teknologi komunikasi 4G yang saat ini dikenal. Pertama adalah  Long Term Evolution (LTE) serta Long Term Evolution-Advance (LTE-A). LTE dapat dikatakan sebagai teknologi "pra 4G" karena baru menawarkan kecepatan unduh (download) hingga 100 Mbps dan kecepatan unggah (upload) hingga 50 Mbps.  Sedangkan untuk jaringan 4G yang sebenarnya, syaratnya adalah sebuah teknologi 4G harus memiliki kecepatan unduh maksimal 1 Gbps dan unggah maksimal 500 Mbps. Sehingga, jaringan LTE-A yang sebenarnya dapat dikatakan sebagai n"the true 4G".

Di Indonesia ssendiri telah digelar oleh operator-operator telekomunikasi seperti, Smartfren, XL Axiata, Indosat, serta Telkomsel. Namun, jangkauannya masih terbatas di beberapa wilayah saja. Di samping itu, masih belum banyak perangkat yang bisa digunakan untuk menjangkau jaringan 4G LTE. Meski kini, para produsen smartphone sudah mulai berlomba-lomba mengeluarkannya.

Dibanding dengan jaringan 3G, kelebihan yang sangat jelas yang dimiliki jaringan 4G adalah kecepatan akses internet. Hal ini sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Dengan dukungan perangkat saat ini, komunikasi dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang berbasis internet. Karena inilah saat ini, banyak yang beralih menggunakan kartu SIM yang sudah dapat mengakses jaringan 4G. Namun, untuk beralih menggunakan 4G ternyata dapat dilakukan tanpa mengganti kartu SIM kita atau dapat dilakukan tanpa kehilangan nomor telpon sebelumnya, pulsa, dan bahkan tanpa kehilangan kuota internet yang sudah kita daftarkan sebelumnya. Hal ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.
Cara Upgrade Kartu XL 3G ke 4G Secara Mandiri Tanpa Kehilangan Pulsa, Kuota, dan Kontak

Nah, untuk itu saya akan berbagi pengalaman cara upgrade kartu XL 3G ke 4G secara Mandiri Tanpa kehilangan pulsa, kuota, dan kontak. Jika anda pengguna kartu XL dan ingin beralih ke jaringan 4G, sebelum anda beralih sebaiknya anda memastikan bahwa di daerah anda sudah terjangkau jaringan dan pastikan juga perangkat seluler anda sudah dapat digunakan untuk menangkap jaringan 4G.

Cara Mengetahui Daerah Dalam Jangkauan 4G atau Tidak

Salah satu kekurangan jaringan 4G di Indonesia adalah cover area yang belum menjangkau seluruh wilayah di Indonesia. Untuk itu sebelum anda beralih membeli atau akan menggunakan layanan 4G pastikan wilayah tempat anda tinggal atau berada terjangkau oleh jaringan 4G. Untuk pengguna XL dan Axis kita dapat mengetahui daerah kita sudah terjangkau 4G atau tidak melalui layanan yang tersedia pada situs resmi XL. Layanan ini dapat diakses melalui link ini, pada laman terebut anda tinggal mengetik nama tempat yang ingin anda pastikan sudah terjangkau 4G atau tidak.

Untuk operator lainya seperti Telkomsel, Indosat, Smartfren dan Tri juga menyediakan layanan yang sama. Masing-masing layanan untuk mengetahui jangkauan 4G dapat diakses melalui link berikut: Telkomsel, Indosat, Tri dan Smartfren

Cara Mengetahui Telepon Genggam yang Dapat Menangkap Jaringan 4G

Selain kendala jaringan, sebelum anda beralih ke teknologi 4G sebaiknya anda pastikan terlebih dahulu apakah perangkat telepon genggam anda sudah mendukung 4G atau tidak. Caranya dapat dilihat langsung pada dus telepon genggam anda atau dengan memastikannya melalui perangkat telepon genggam anda secara langsung.

Langkah-langkahnya adalah silahkan buka pengeturan (Setting), pilih lainnya (More), kemudian pilih jaringan seluler (Celular network), dan terakhir klik pada pilih mode jaringan (Preferred network type). Di sana akan ada beberapa pilihan jaringan biasanya 2G dan 3G atau  WCDMA/GSM(Auto). Jika terdapat tulisan 4G atau LTE maka perangkat anda sudah mendukung 4G. Jika belum maka perangkat anda belum dapat didukung oleh 4G

Persiapan Dalam Melakukan Upgrade Kartu XL 3G ke XL 4G

Hal-hal yang perlu disiapkan sebelum melakukan upgrade kartu secara mandiri adalah sebuah kartu SIM yang baru atau kartu uSIM (sebutan untuk kartu SIM  4G)yang harganya diasaran sekitar Rp7.000, telepon genggam segala merek dan tidak harus dilengkapi teknologi 4G, kartu keluarga atau KTP kita sendiri dan KTP ibu kita ini diperlukan untuk meregistrasi ulang kartu kita.

Hal yang lain yang perlu dilakukan nanti adalah backup kontak, untuk ponsel android biasanya telah dilengkapi dengan fitur backup/export kontak dalam bentuk file dengan format .vcf dan bisa dikirim ke ponsel lain melalui koneksi bluetooth.


Cara Upgrade Kartu XL ke 4G

Untuk upgrade kartu XL 3G ke 4G dapat dilakukan dengan mendatangi XL Centre yang terdekat di kota anda atau secara mandiri. Jika anda merasa tidak yakin mengupgrade kartu anda secara mandiri anda bisa mengunjungi XL Centre yang terdekat di kota anda. Untuk lokasinya anda bisa menemukannya dengan mengunjungi situs resmi XL Axiata, pada laman tersebut anda tinggal memasukkan lokasi tempat tinggal anda dan akan muncul beberapa outlet XL Centre.

Untuk upgrade secara mandiri anda bisa melakukannya dimana saja. Untuk XL layanan ini disebut sebagai "over the air". Langkah-langkah upgrade secara mandiri dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut

  1. Siapkan telepon genggam anda
  2. Backup kontak anda terlebih dahulu
  3. Kemudian ketik *123*46# dan ikuti intruksinya
  4. Matikan telepon genggam dan cabut kartu SIM yang lama
  5. Masukkan kartu uSIM (kartu SIM 4G)
  6. Hidupkan telepon genggam anda dan ikuti intruksinya, biasanya akan diikuti oleh registrasi ulang. Jangan lupa siapkan NIK sendiri dan NIK Ibu anda yang bisa temukan pada KTP atau kartu KK.
  7. Jika proses berhasil anda akan menerima pesan, jika proses upgrade telah berhasil.
Berdasarkan pengalaman pribadi saya, upgrade ini tidak akan membuat anda kehilangan pulsa maupun kuota yang telah anda daftarkan sebelumnya. Demikianlah mengenai Cara upgrade kartu XL 3G ke 4G secara mandiri tanpa kehilangan pulsa, kuota, dan kontak. Semoga beranfaat

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan
EmoticonEmoticon