Internet 4G mu Masih Lemot? Coba Pastikan Hal-Hal Ini Dulu

Perkembangan teknologi sangat pesat, terutama pada bidang teknologi informasi semua informasi begitu cepat kita dapatkan melalui jaringan online. Kebutuhan akan akses informasi yang serba cepat selalu dapat dijawab dengan berkembangnya teknologi internet. Kualitas pengiriman data dari tahun ke tahun selalu ada peningkatan. Beberapa periode terakhir mungkin kita mengenal jaringan 3G yang saat ini juga masih dapat kita nikmati. Sebagai jawaban akan kebutuhan jaringan yang lebih cepat, sekarang telah tersedia jaringan 4G yang tentu saja kecepatan transfer datanya melebihi jaringan 3G.

4G  adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris yaitu "fourth generation technology". Jaringan 3G di Indonesia dapat mendukung kecepatan maksimal 3,6 Mbps dan di Eropa sendiri bisa mencapai 7,2 Mbps. Sedangkan untuk jaringan 4G yang sebenarnya (Long Term Evolution-Advance disingkat LTE-A), dapat mendukung kecepatan unduh maksimal 1 Gbps dan unggah maksimal 500 Mbps.

Untuk dapat menikmati jaringan 4G ada beberapa hal yang harus dipastikan terlebih dahulu diantaranya

Pastikan Handphone Kamu Sudah Mendukung 4G

Pastikan Handphone Kamu Sudah Mendukung 4G
Tidak semua smartphone mendukung 4G, untuk itu agar dapat menikmati jaringan 4G kamu harus pastikan terlebih dahulu jika HP kamu sudah support 4G. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memastikan bahwa HP kamu telah didukung 4 G diantaranya dengan melihat pada kardus HP kamu, jadi coba dilihat-lihat apakah ada tulisan 4G LTE atau "Connection 4G LTE" atau tidak. Jika ada berarti HP kamu dapat menangkap sinyal 4G.
Jika tidak dapat menemukan pada kardusnya atau bahkan kardusnya sudah rusak / hilang. Kamu bisa mengeceknya dengan cara mebuka bagian belakang HP kamu dan coba cari tulisan 4G. Biasanya tulisan 4G berada dekat dengan slot kartu sim kamu. Jika tidak ada juga, sekarang coba masuk ke pengaturan, pilih "Lainnya" atau "More", kemudian pilih "Jaringan Seluler" atau "Cellular Network", selanjutnya pilih "Pilih tipe jaringan" atau "Preferred network type" jika HP kamu memang 4G maka kmu akan menemukan tulisan 4G disana.

Pastikan Kartu SIM Kamu Sudah Mendukung 4G

Pastikan Kartu SIM Kamu Sudah Mendukung 4G
Jika HP kamu sudah 4G, yang selanjutnya harus dipastikan adalah kartu SIM yang juga harus mendukung 4G. Untuk kartu SIM lama biasanya belum dapat menangkap sinyal 4G jadi yang kamu harus lakukan adalah kamu beli kartu SIM baru yang mendukung 4G atau kamu bisa mengupgrade kartu SIM lama dengan mendatangi Service Centre kartu SIM yang kamu gunakan. Biasanya pihak operator mempunyai Service Centre pada tiap kota. Hampir semua kartu SIM dapat diupgrade dari 3G ke 4G secara mandiri seperti kartu XL cara upgradenya dapat dilihat pada artikel Cara Upgrade Kartu XL 3G ke 4G Secara Mandiri Tanpa Kehilangan Pulsa, Kuota, dan Kontak, upgrade secara mandir juga dapat dilakukan untuk kartu Tri, Telkomsel, Indosat, dan Smartfren. Upgrade biasanya dilakukan agar kita masih memiliki nomor telepon seluler kita sebelumnya tanpa kehiangan kontak yang ada di dalamnya.


Pastikan Daerah Kamu Terjangkau Sinyal 4G

Pastikan Daerah Kamu Terjangkau Sinyal 4G
Selanjutnya, hal yang harus dipastikan adalah apakah di daerah kamu berada terjangkau sinyal 4G? Tidak semua wilayah di Indonesia terjangkau oleh sinyal 4G untuk itu, kamu perlu memastikan wilayah kamu berada terjangkau sinyal 4G. Hampir semua operator telah menyediakan layanan untuk mengetahui wilayah yang telah terjangkau sinyal 4G. Layanan ini tersedia pada website resmi masing-masing operator. Kamu bisa mengetahui daerah kamu telah terjangkau 4G atau tidak melalui link-link operator berikut.
XL
Telkomsel
Indosat
Tri
Smartfren
AXIS
(silahkan klik nama operator kartu sim kamu)


Pastikan Pengaturan Handphone Kamu Sudah Berada Dalam Mode 4G

Pastikan Pengaturan Handphone Kamu Sudah Berada Dalam Mode 4G
HP sudah 4G, kartu sim sudah 4G, dan kamu telah berada pada wilayah yang terjangkau sinyal 4G namun internet masih lemot. Coba pastikan dulu settingan/pengaturan HP kamu sudah benar atau tidak agar dapat menjangkau sinyal 4G.  Caranya silahkan nyalakan smartphone kamu, kemudian masuk ke menu "Pengaturan" atau "Setting",  lalu pilih "Lainnya" atau "More", kemudian pilih "Jaringan Seluler" atau "Cellular Network", selanjutnya pilih "Pilih tipe jaringan" atau "Preferred network type" dan terakhir pastikan kamu telah memilih jaringan yang ada tulisan 4G. Biasanya pada HP merek tertentu terdapat pilihan 2G/3G/4G yang artinya HP kamu dapat menjangkau sinyal 4G dan akan otomatis menyesuaikan sinyal yang ditangkap apabila kamu berpindah pada daerah yang hanya terjangkau sinyal 2G atau 3G. Ada juga HP yang dilengkapi pilihan tipe jaringan "Hanya 4G" atau "4G Only" artinya HP kamu hanya akan menangkap sinyal 4G saja.

Pastikan Kamu Telah Membeli Kuota 4G

Pastikan Kamu Telah Membeli Kuota 4G
Setelah melakukan semua hal di atas, internet kamu belum kenceng juga? Coba cara terakhir ini, pastikan paket kuota yang kamu beli adalah kuota 4G. Biasanya semua operator menyediakan paket kuota 3G, 3G dan 4G, atau 4G saja. Jadi kamu harus memastikan jika kamu telah membeli kuota 4G untuk bisa menikmati internet dengan kecepatan 4G. Untuk mengecek kuota 4G, kamu bisa melakukannya melalui fitur dial up dari masing-masing operator yang kamu gunakan
XL (*123#)
Telkomsel (*889# atau *363#)
Indosat (*363#)
Tri (*111#)
Smartfren (*995#)
AXIS (*123#)

Jika semua hal tersebut sudah dapat dipastikan benar, maka seharusnya kamu dapat menikmati layanan 4G dengan baik. Apabila belum, mungkin kerusakan terjadi pada HP kamu.

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan
EmoticonEmoticon