Pengalaman Memperbaiki Baterai Laptop Dengan Mendinginkanya dalam Kulkas

Bagi saya laptop atau komputer menjadi barang yang sangat penting. Hampir setiap hari saya menatap layar laptop untuk berbagai macam kepentingan seperti membuat tugas, bekerja, menonton film, dan tentu saja menulis di blog. Karena digunakan hampir setiap hari menjadikan peforma laptop menjadi semakin menurun. Laptop ini saya gunakan hampir 4 tahunan, bagian yang sudah harus diganti sebenarnya adalah batre. Baterai laptop saya sudah menunjukkan indikator harus diganti
Pengalaman Memperbaiki Baterai Laptop Dengan Mendinginkanya dalam Kulkas

Saya sendiri menggunakan laptop Acer tipe E1-471 dengan menggunakan windows 7 sebagai sistem operasinya. Masalah baterai ini cukup memusingkan, karena saya harus selalu berda didekat sumber listrik jika ingin menggunakanya. Karena laptop akan mati sendiri ketika digunakan tanpa pemberitahuan daya lemah terlebih dahulu. Bahkan, baterai laptop saya juga sempat tidak bisa di cas (charge).

Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Sudah Tidak Bisa di Charge (Percobaan Pertama)

Awalnya muncul keinginan untuk mengganti pada saat itu, mengingat beterai sudah tidak bisa di isi dayanya kembali. Namun, karena harga baterai laptop yang cukup mahal bagi kantong saya sekitar 400 ribu hingga 600 ribuan dan itupun belum tentu original yang kita dapatkan. Jadi, saya putuskan untuk mencari cara lain dalam mengatasi masalah ini. Saya berinisiatif mencari solusi dengan bertanya ke Mbah Google, dari situ saya di arahkan ke situs WikiHow. Pada situs ini saya membaca 3 cara menanggulangi masalah baterai laptop yang sudah rusak dengan kondisi yang berbeda. Kondisi baterai laptop saya sudah mati dan tidak bisa diisi jadi saya memilih cara dengan mendinginkan baterai laptop dalam kulkas atau lemari es. Langkah-langkah yang saya lakukan adalah

  • Lepaskan baterai laptop dari laptop itu sendiri
  • Masukan baterai tersebut kedalam kantong plastik dan tutup rapat. Di sini saya menggunakan plastik kiloan (plastik bening) yang paling besar. Saya lapisi sebanyak 3 kali agar yakin bahwa tidak ada air yang akan masuk nanti ketika ditaruh kedalam lemari es.
Pengalaman Memperbaiki Baterai Laptop Dengan Mendinginkanya dalam Kulkas
  • Kemudian saya diamkan selama 4 jam. Sesungguhnya yang dijelaskan dalam situs yang saya baca harus didiamkan setidaknya seharian penuh. Namun, rasa penasaran dan ketidaksabaran saya, saya mendiamkannya hanya sekitar 4 jam.
  • Setelah diambil dalam lemari es saya diamkan agar suhunya kembali normal (tidak dingin)
  • Kemudian saya masukkan baterai ke dalam laptop lagi
  • Selanjutnya saya charge, dengan laptop dalam keadaan tidak menyala
  • Setelah ditunggu beberapa jam, ternyata baterai tidak menunjukkan indikator penuh. Karena sudah putus asa saya nyalakan laptop dan ternyata baterai laptop saya sedang mengisi daya. Sampai beberapa menit kemudian penuh.

Jadi, berdasarkan pengelaman saya tadi itu ternyata cara memperbaiki baterai laptop dengan cara mendinginkan dalam kulkas berhasil. Nah, namun saya punya firasat jika ini hanya bersifat sementara. Setelah digunakan selama dua minggu ternyata baterai kembali cepat habis dan indikator tanda silang yang menyatakan baterai harus diganti muncul lagi. Pikir saya tak apalah yang penting baterai masih bisa di charge. Kemudian pada hari-hari berikutnya baterai performanya semakin turun dan akhirnya kembali tidak bisa dicharge. Saya putuskan untuk mengulangi cara sebelumnya.


Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Sudah Tidak Bisa di Charge (Percobaan Kedua)

Untuk yang keduanya dengan menggunakan cara yang sama, namun kali ini saya lakukan dengan lebih serius saya diamkan baterai laptop selama 12 jam lebih dan beterai  dicharge dalam keadaan mati semalaman penuh (saya tinggal tidur). Esok paginya ternyata indikator laptop menunjukkan baterai sudah penuh (berwarna biru). Ketika dinyalakan level baterai juga terlihat penuh sehingga dapat disimpulkan cara ini dapat dilakukan dua kali dan berhasil.

Saat artikel ini ditulis, ini adalah hari yang kedua saya menggunakan laptop saya dan baterai masih bisa dicharge. Nah, mungkin anda akan punya pertanyaan? silahkan corat-coret di kolom komentar. Atau pertanyaan anda mungkin akan sama seperti pertanyaan di bawah.

Kenapa Cara Ini Berhasil?

Menurut kontributor situs WikiHow, ini adalah murni peristiwa kimiawi. Terus terang saya kurang mengerti namun ada penjelasanya secara ilmiah


Apakah Laptop Anda Bisa Menggunakan Cara yang Sama?

Sebaiknya kenali terlebih dahulu masalah baterai laptop anda sebelum memutuskan untuk melakukanya. Saya sendiri tidak bertanggung jawab apabila terjadi kerusakan pada baterai laptop atau laptop anda, Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel asli dari cara yang saya gunakan pada tautan ini

Adakah Cara Lain selain Mendinginkan Ke Dalam Kulkas?

Mungkin anda pikir ini beresiko mengingat isi kulkas pasti basah. Saya melakukan cara ini karena saya pikir baterai laptop saya sudah tidak bisa di charge (rusak) jadi jika rusak tidak bisa dipakai lagi. Selain cara di atas masih ada cara lain lagi memperbaiki baterai laptop yang pernah saya bahas yaitu menggunakan cara kalibrasi yang bisa dibaca pada artikel Cara Menghilangkan Tanda Silang Pada Baterai Laptop (untuk baterai yang masih bisa di charge) atau anda juga bisa membaca 3 cara WikiHow yang tautanya ada di atas.


Apakah Baterai Laptop Saya Kembali Normal Seperti Baru?

Tentu saja jawabanya tidak, cara ini lebih bersifat sementara (berdasarkan pengalaman). Nah tinggal menunggu waktu saja baterai anda akan kembali sementara. Namun, saya tidak tahu berapa lama baterai anda akan bertahan. Jadi solusi yang paling baik adalah menggantinya dengan yang baterai yang baru.

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan
EmoticonEmoticon