6 Tips Memilih Jurusan Kuliah Bagi yang Baru Lulus SMA/SMK

Tips Memilih Jurusan Kuliah Bagi yang Baru Lulus SMA/SMK tentunya akan dibutuhkan oleh para siswa SMA dan SMK yang saat ini sudah tahun terakhir. Dalam beberapa bulan lagi, ujian akhir akan segera dihadapi dan tentunya sudah ada beberapa yang mulai mendaftarkan diri dan mencari gambaran kampus dan universitas untuk melanjutkan pendidikan selanjutnya. Tentunya, ini tidak sekedar terbatas pada mereka yang akan lulus dari SMA. Hal ini karena sekarang pun minat lulusan SMK untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi juga cukup tinggi. Oleh karena itu, tips berikut ini memang ditujukan pada para calon lulusan SMA dan SMK yang masih bingung untuk melanjutkan studi mereka. 
6 Tips Memilih Jurusan Kuliah Bagi yang Baru Lulus SMASMK

Tips Jitu untuk Memilih Jurusan Kuliah Bagi Lulusan SMA dan SMK

Melanjutkan studi ke perguruan tinggi memang menjadi impian banyak orang. Sayangnya, kadang memilih jurusan yang tepat bukanlah sesuatu yang sederhana. Terkadang, banyak juga yang sudah diterima di suatu universitas dan merasa telah salah memilih jurusan. Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips untuk memilih jurusan yang tepat. Tips berikut ini memang tidak memberikan jaminan bahwa seseorang akan bisa masuk dan diterima di perguruan tinggi dan program studi yang diinginkan, karena ini fokus pada proses pemilihan jurusan dan program studi yang sesuai dengan minat. 

1. Mengenali minat pada bidang dan mata pelajaran tertentu

Hal pertama yang memang perlu diperhatikan adalah tentang minat. Sudah tidak lagi menjadi jamannya bagi para lulusan SMA dan SMK untuk masuk perguruan tinggi sekedar karena usul dan permintaan dari orang tua. Karena itu, setiap orang harus tahu minat pada bidang dan mata pelajaran tertentu. 

Dalam hal ini, sudah pasti setiap siswa memiliki minat tertentu. Kalaupun itu tidak pada suatu suatu mata pelajaran, setidaknya ada minat pada suatu aspek dan bidang tertentu. Misalkan saja, seseorang tidak terlalu berminat pada satupun mata pelajaran di SMA atau SMK, tapi mereka bisa saja memiliki minat pada arsitektur atau animasi. Dengan demikian, mengambil jurusan dan program studi di bidang animasi, desain, atau arsitektur bisa menjadi pilihan yang tepat. Tentu saja, dengan memilih sesuai minat pribadi, kuliah juga tidak akan terlalu terasa seperti beban yang berat. 

2. Membuat daftar jurusan yang diminati dan beberapa universitas terbaik untuk studi tersebut

Tips Memilih Jurusan Kuliah Bagi yang Baru Lulus SMA/SMK selanjutnya adalah mulai membuat daftar. Ini menjadi tips dan tahap lanjutan dalam proses pemilihan jurusan yang diminati. Setelah menentukan minat yang ingin dipelajari, maka sudah saatnya mencari info tentang program studi dan jurusan terkait. Selain itu, info tentang kampus pilihan juga perlu dicari.  

Dalam hal ini, membuat daftar bisa dilakukan dengan mudah. Sekarang sudah ada internet untuk mencari referensi jurusan yang memang memiliki kualitas yang bagus untuk suatu bidang tertentu. Hal ini karena tidak semua universitas ternama memiliki jurusan yang bagus sesuai yang diminati. Oleh karena itu, yang pertama dicari adalah jurusan dan fakultasnya, barulah setelah itu mencari universitasnya. Dengan membuat beberapa daftar pilihan, tentu ini akan sangat berguna ketika nantinya sudah tahap penentuan universitas. 

3. Memahami kemampuan pribadi

Yang kemudian perlu diketahui adalah tentang pengenalan kemampuan pribadi. Tips Memilih Jurusan Kuliah Bagi yang Baru Lulus SMA/SMK ini juga sangatlah penting. Setiap orang sudah sepantasnya dan seharusnya mengenali kemampuan, dan ini tidaklah sekedar terhenti pada minat saja. Akan cukup kesulitan ketika masuk ke dunia perguruan tinggi hanya berbekal dengan minat dan niat saja. 

Pengenalan kemampuan ini juga sangat diperlukan ketika itu sudah saatnya memilih kampus dan universitas yang ingin dituju. Beberapa universitas menerapkan standar yang tinggi dalam proses penerimaannya. Ada juga universitas negeri dengan beberapa cara untuk masuk ke kampus tersebut. Dengan mengenali kemampuan pribadi, tentunya akan cukup mudah untuk mencari kampus dengan persyaratan yang sesuai. Apalagi, ada beberapa kampus yang menetapkan standar cukup tinggi pada beberapa mata pelajaran tertentu sekalipun itu tidak ada hubungan langsung dengan jurusan yang ingin dimasuki. 

4. Mencari referensi

Setelah membuat daftar, memang proses tidak hanya berhenti di situ saja. Perlu juga dicari info lebih lanjut tentang universitas dan jurusan terkait. Hal ini kadang memang tidak bisa sekedar dicari dari internet. Akan jauh lebih tepat kalau bertanya pada mereka yang menempuh pendidikan di fakultas atau jurusan di kampus tertentu. Cara ini akan memberikan informasi yang lebih tepat karena berdasarkan pengalaman. 

Untuk Tips Memilih Jurusan Kuliah Bagi yang Baru Lulus SMA/SMK ini, ada banyak hal yang bisa dicari tahu. Standard untuk masuk, sistem perkuliahan, beban dan tanggung jawab selama perkuliahan dan detail lainnya bisa ditanyakan untuk mendapatkan gambaran lebih jelas terkait kampus yang akan dimasuki.

5. Pertimbangan peluang karir dan pekerjaan

Orientasi setiap orang tentunya adalah memiliki masa depan yang cerah, salah satunya di bidang karir. Ketika orang kuliah pun, ini juga bukanlah suatu tujuan utama, tapi justru sebagai tahap persiapan agar nantinya bisa mendapatkan suatu pekerjaan yang bagus dan tepat. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mempertimbangkan peluang karir yang ada.

Saat ini, sebenarnya orang bisa mulai memprediksi peluang karir yang akan laku di beberapa tahun ke depan. Analisis sudah cukup banyak dan ini bisa menjadi referensi dalam mempertimbangkan peluang karir begitu seseorang sudah menunaikan pendidikan di perguruan tinggi. Tips Memilih Jurusan Kuliah Bagi yang Baru Lulus SMA/SMK ini memang perlu dipertimbangkan matang-matang karena minat perlu juga disesuaikan dengan peluang karir di masa depan. 

6. Melakukan persiapan sebaik mungkin

Persiapan yang baik akan menentukan hasil yang didapatkan. Oleh karena itu, persiapan yang matang perlu sekali dilakukan. Sambil mempersiapkan ujian akhir, tentunya orang juga perlu mempersiapkan diri untuk seleksi masuk perguruan tinggi, baik itu yang negeri ataupun swasta. Keduanya memiliki tantangan tersendiri. 

Persiapan matang akan sangat penting ketika targetnya adalah kampus yang cukup ternama dengan jurusan yang sangat digemari. Nantinya akan ada banyak pesaing yang juga ingin masuk ke kampus tersebut. Oleh karena itu, persiapan matang memang menjadi bagian penting dalam Tips Memilih Jurusan Kuliah Bagi yang Baru Lulus SMA/SMK. 

Itulah beberapa hal terkait tips untuk memilih jurusan yang tepat. Ini memang bukanlah suatu hal yang mudah. Ini tidaklah sesederhana memilih SMP atau SMA dan SMK. Ini juga tidak semudah memilih jurusan di SMA dan SMK. Perguruan tinggi menjadi tahapan penting untuk masuk ke dunia karir. Oleh karena itu, Tips Memilih Jurusan Kuliah Bagi yang Baru Lulus SMA/SMK ini bisa berguna untuk mendapatkan kampus dan jurusan yang tepat, agar tidak ada kekecewaan nantinya.

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan
EmoticonEmoticon