9 Bisnis Tanpa Modal Yang Cocok Untuk Para Pelajar

Sebagai anak sekolahan, mungkin pernah merasakan betapa kurangnya uang saku dari orang tua. Mulai dari untuk mengisi pulsa, kebutuhan pribadimu, kebutuhan sekolah, kadang bisa membuat uang saku sudah habis duluan sebulum dipakai untuk jajan. Tak sedikit pelajar yang ingin mendapatkan penghasilan sendiri tapi ingin untuk tetap fokus belajar, dan tak ingin nantinya pekerjaan sampingan tersebut dapat mengganggu proses belajar. Peluang kerja sampingan untuk pelajar maupun mahasiswa yang paling tepat adalah yang tidak mengganggu jadwal belajar serta tanpa modal. Lalu jenis apa pekerjaannya? Ulasan kali ini akan memberikan beberapa gambaran tentang peluang usaha atau kerja sampingan yang cukup mudah, dan tentunya setiap pelajar tidak akan pernah sulit untuk melakukannnya.
9 Bisnis Tanpa Modal Yang Cocok Untuk Para Pelajar

1. Menjadi Reseller/Dropshipper

Reseller/Dropshipper secara sederhana adalah menjual barang orang lain dengan harga yang telah disepakati, atau menjadi kepanjangan tangan dari produsen utama. Ide bisnis sampingan menjadi reseller Bagi yang suka berkomunikasi dengan orang lain, atau yang mempunyai bakat ngelobi yang handal seperti sales, tidak ada salahnya jika kamu menjadi reseller berbagai macam barang seperti aksesoris, baju, atau barang jualan lainnya. Mulai tawarkan barang bawaan kamu kepada teman-teman di jam istirahat. Kamu bisa bekerja sama dengan agen yang terpercaya. Terserah produk apa saja yang kamu jual, bisa produk dari toko dekat rumahmu, atau kamu cari saja di google dengan mengetikkan keyword "reseller" atau "dropshipper" (tanpa tanda petik) pada kolom pencarian google untuk mengetahui toko-toko online apa saja yang menyediakan jasa reseller/dropshipper. Jadi tinggal pintar-pintarnya kamu berpromosi saja dalam memasarkan produk daganganmu. Sangat disarankan untuk menggunakan internet dalam usaha reseller seperti ini, karena dengan internet maka kesempatan produk dagangan kamu dikenal luas akan semakin meningkat.

2. Endorser Atau Review Produk

Pernahkah kamu mendegar atau melihat kata endorse, bisa dibilang endorse merupakan tindakan di mana kamu mendukung sesuatu. Pernahkah kamu mendapati berberapa online shop atau produk menawarkan jasa endorse ke selebriti instagram atau sosial media lain?

Nah, peluang usaha ini sangat cocok untuk kamu yang mempunyai cukup follower yang banyak di sosial media. Media sosial yang biasanya dijadikan lahan bisnis endorse di antaranya, Instagram, Facebook, Twitter, Line, dan mungkin masih banyak lagi. Dalam hal ini kamu diminta untuk mereview suatu produk milik produsen, atau kamu menjadi icon suatu brand milik endorser. Kamu biasanya diminta untuk mengunggah foto ke media sosialmu dengan menampilkan produk milik mereka dan dengan memberikan review yang bagus terhadap produk mereka.Untuk penghasilannya biasanya tergantung seberapa banyak follower kamu di media sosialmu tersebut. Semakin banyak followermu maka biasanya pihak endorser akan memberikan imbalan lebih.

Meski demikian, sekarang kamu tak harus menjadi selebriti Instagram atau selebgram yang punya ratusan ribu pengikut. Walau hanya punya beberapa ribu follower pun, kamu sudah bisa memulai bisnis endorsement. Perlu kamu tahu, berbagai perusahaan kini mulai tertarik menerapkan strategi micro-influencer dengan menggandeng akun kecil yang memiliki 1000 sampai puluhan ribu follower. Tarif endorse memang murah, tapi lumayan untuk menambah pemasukan.


3. Menjadi Youtuber

Salah satu usaha yang cocok untuk anak sekarang adalah menjadi YouTuber. YouTuber merupakan istilah atau sebutan untuk orang-orang yang membuat konten di YouTube. Profesi menjadi YouTuber juga cocok untuk pelajar yang mencari pekerjaan part time. Karena, bisa dikerjakan dimanapun dan kapanpun tanpa mengganggu jadwal belajar di sekolah.

Anak jaman sekarang, biasanya sangat ekspresif di media sosial. Daripada cuma jadi pengguna biasa, lebih baik kamu berkarya sambil mencari uang dengan memanfaatkan platform media sosial favorit kamu. Misalnya, jika kamu tertarik dengan Youtube dan percaya diri di depan kamera, maka buatlah video. Misalnya, video cover musik, vlog, video tutorial, video reaction,  dan sebagainya. Kemudian kamu bisa melakukan monetisasi setelah kamu punya banyak penonton dan subscriber.

   

4. Menjadi Penulis Artikel (Content Writer)

Saat ini content writer sangat dibutuhkan oleh para pengelola website atau juga seorang blogger yang mau merintis usaha dari blog dan website tersebut. Umumnya, mereka mencari content writer konten writer yang bisa membantunya membuat artikel untuk diposting ke dalam website atau blog yang mereka kelola. Namun, diluar sana ada banyak sekali orang yang juga menjalankan cara ini dan hal ini membuat kamu para peminat pekerjaan ini harus bersaing untuk mendapatkan client yang bisa memberikan bayaran atas artikel-artikel yang dibuat.

Kadang perusahaan atau pengusaha tak memiliki waktu atau keterampilan untuk menulis artikel. Namun mereka membutuhkan uraian tertulis (artikel) misal mengenai profil usaha, deskripsi produk, artikel pemasaran dan semacamnya. Disini kamu bisa menyediakan jasa menulis artikel.

Istilah umumnya adalah  penulis artikel, namun disini adalah mengacu pada aktifitas sebagai seorang penulis bayaran yang disewa atau dipesan oleh pengelola sebuah web atau blog. Penghasilan yang diperoleh adalah sejumlah nilai jual atau harga dari setiap artikel yang diciptakan. Saat ini harga artikel berbahasa Indonesia dengan panjang antara 300 hingga 500 kata dapat dijual dengan nilai antara Rp 10.000 hingga Rp 30.000 Lalu untuk artikel berbahasa Inggris sudah tentu akan memiliki nilai jual yang lebih mahal bahkan bisa sampai Rp 30.000 per artikel dengan kualitas baik. Sebuah pekerjaan ringan bagi yang memiliki bakat menulis. 

5. Jasa Pengetikan

Untuk saat ini memang suatu hal yang sangat menguntungkan dimana saat ini hampir seluruh media sudah menggunakan mesin ketik komputer, tentunya sesuai dengan perkembangan zaman yang ada pada saat ini. Akan tetapi, semakin berkembangnya teknologi tidak diimbangi dengan adanya minat setiap orang yang ingin belajar mengenai hal baru contoh mudahya adalah mengetik dengan media komputer atau laptop.

Jasa pengetikan ini termasuk jenis pekerjaan yang dibutuhkan terutama oleh para pekerja kantoran biasanya atau anak sekolahan maupun mahasiswa. Entah mereka tidak punya waktu banyak karena dikejar deadline atau karena mereka tidak mau repot-repot atau malas mengetik panjang-lebar.

Kamu bisa menawarkan jasa ketik ini bagi mereka yang di kalangan pelajar, mahasiswa pegawai kedinasan, maupun pegawai swasta. Untuk menjalani usaha ini kamu membutuhkan kemampuan mengetik yang cepat dan tepat, dan tentunya laptop atau komputer. Untuk masalah printing? Kamu bisa mencetaknya di warnet atau tempat cetak fotocopy.

6. Menjadi Blogger

Bagi kamu yang suka menulis, mulailah aktif menjadi blogger. Jenis konten bisa disesuaikan dengan kegemaran kamu dan hal yang kamu kuasai. Misalnya, menulis review kuliner, review film, dan sebagainya. Iklanlah yang akan menjadi sumber pendapatan blogmu. Nah untuk mendapatkan iklan pun perlu perjuangan, misal blog kamu harus mendapat pengunjung rata-rata sekian per bulan atau umur blog-mu harus mencapai mimal 6 bulan, dan sebagainya. Jika konten kamu bagus, blog kamu bisa punya banyak pembaca setia. Sehingga kamu bisa mulai bekerja sama dengan penyedia iklan seperti Google Adsense, agar kamu mendapatkan bayaran dari iklan yang muncul di blog kamu.

Jika sebelumnya kita membahas tentang menjual jasa penulisan artikel, kali ini kita tidak menjual jasa penulisan kamu ke pihak lain, tapi kamu bikin tulisan untuk kamu sendiri. Tulisan kamu akan kamu pergunakan sendiri untuk mengisi blog pribadimu, dengan kata lain tulisan kamu tidak dibayar.  Untuk memulai nge-blog bisa menggunakan platform gratisan seperti Blogger.com yang juga produk dari Google. Atau jika nanti telah lebih serius mengerjakan hal ini bisa dengan membeli hosting dan domain sendiri.

7. Menjadi Guru Les 

Manfaatkan kepintaran atau bakatmu dalam suatu bidang atau mata pelajaran untuk menjadi guru les atau tutor bagi anak yang masih sekolah dibawah jenjang pendidikan kamu. Kalau kamu pintar, orang tua anak-anak tersebut pasti percaya pada kamu. Pekerjaan yang satu ini cocok bagi kamu yang senang dengan anak–anak dan dunia pendidikan. Kamu bisa membuka bimbingan belajar kecil-kecilan atau kamu bisa melamar di lembaga bimbingan belajar yang menampung pekerjaan sampingan. Atau kamu bisa mengajak teman yang sama-sama mau untuk bersama membangun usaha ini. Kamu bisa atur jadwal kerjamu, sehingga kamu bisa memilah mana waktu sekolahmu dan mana waktu kerja sampinganmu.

Mulai saja tawarkan jasa mengajar kamu ke para orang tua di sekamar rumah. Kamu bisa mengajarkan komputer, bahasa inggris, matematika, fisika, dan lain-lain. Sementara waktu les bisa berlangsung di sore hari sebanyak dua kali seminggu. Kamu dapat mencoba menawarkan kepada para pelajar PLAYGROUP, TK, SD, dan SMP  dengan memberi pelajaran tambahan seperti bahasa inggris, matematika yang biasanya menjadi pelajaran yang paling susah menurut banyak pelajar atau memberi les musik atau les kegiatan olehraga seperti renang, karate dan sebagainya. Disamping agar ilmu yang kamu dapatkan dulu tidak hilang, Kamu juga bisa mendapatkan uang tambahan. Tawarkan jasa kamu menjadi guru les private kepada orang tua murid bisa diawali dari tetangga terdekat terlebih dahulu.

8. Menjadi Programmer

Peluang usaha untuk pelajar satu ini sangat cocok untuk pelajar SMK. Profesi programmer memang terdengar sulit, tapi penghasilan yang ditawarkan biasanya jauh lebih besar dibanding lainnya. Mahir dalam membuat program program sederhana juga bisa menjadi bentuk usaha sampingan yang cocok untuk pelajar. Sebagai contoh adalah menciptakan program komputer untuk mendukung sistem akutansi atau keuangan yang dasarnya hanyalah seperti program Microsoft Excel. Usaha ini juga tidak memerlukan mobilitas dilapangan sehingga waktu belajar ataupun jadwal sekolah tidak akan banyak terganggu.

Untuk pelajar yang ahli dalam bahasa pemrograman tertentu, jangan takut memasarkan kemampuan secara online. Saat ini yang membutuhkan pemrograman aplikasi atau situs bukan hanya perusahaan. Bahkan sesama pelajar pun bisa saja membutuhkan programmer untuk membuat media.

9. Menjadi Desainer

Peluang usaha untuk pelajar lainnya adalah dengan menjadi desainer. Saat ini, banyak perusahaan mengadakan kompetisi membuat logo atau maskot produknya. Mereka tidak mengadakan kompetisi secara offline. Sebaliknya, pengadaan kompetisi hingga pengumuman pemenang diadakan via online. Hadiahnya lumayan besar. Satu logo saja bisa dihargai hingga belasan juta rupiah. 

Bayaran seorang desainer juga lumayan dan bila sedang banyak order nanti hasilnya tentu akan sangat membantu dalam mengatasi masalah keuangan kamu dan hasil  ini pasti bisa digunakan untuk tambahan uang jajan. Namun,  pekerjaan ini juga bisa dikatakan gampang-gampang susah, sebab bagi yang bisa mendesain tentu akan bilang bahwa hal ini mudah dan bagi yang belum bisa pasti akan menganggap hal ini tidak cukup mudah.

Selain dengan mengikuti kompetisi semacam itu, profesi desainer otodidak juga bisa digeluti. Pelajar yang punya minat di bidang desain bisa memasarkan hasil desainnya sendiri secara online.


Masing-masing peluang usaha tersebut sangat menarik untuk dicoba. Dalam memilih salah satunya, pastikan kamu memilihnya sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki. Saat menemukan usaha yang kamu memang minati maka tentunya akan sangat mudah menekuni dan mengembangkan usaha tersebut

0 Response to "9 Bisnis Tanpa Modal Yang Cocok Untuk Para Pelajar"

Post a Comment

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel