Cara Cek Tagihan PDAM Secara Online Melalui HP

Saat ini kemudahan dalam melakukan cek berbagai tagihan mulai di kembangkan oleh berbagai instansi, salah satunya adalah PDAM. Terbagi dalam susunan wilayah, Perusahaan Air Minum Daerah tersebut lebih fokus dalam pengelolaan air bersih untuk masyarakat. Anda yang berlangganan PDAM kini bisa melakukan pemeriksaan tagihan bulanan melalui ponsel, daripada menunggu laporannya di kirimkan ke Anda tiap bulan.
Cara Cek Tagihan PDAM Secara Online Melalui HP


Cara Cek Tagihan PDAM Secara Online Melalui HP dengan Mudah
Terdapat dua cara untuk mengecek tagihan yang Anda miliki lewat HP dari PDAM, yakni dengan menggunakan website dan aplikasi. Langkah detail untuk kedua cara tersebut adalah sebagai berikut:

a. Lewat Situs Resmi PDAM
Selain bisa diakses lewat HP, situs ini juga bisa Anda akses melalui perangkat komputer asalkan memiliki browser yang mendukung. Caranya adalah membuka terlebih dahulu situs resmi PDAM di daerah Anda. Misalkan, daerah tersebut adalah Yogyakarta, maka langkahnya adalah:

1. Ketikkan di kolom pencarian browser PDAM Yogyakarta, kemudian buka hompage-nya. Cari menu yang bertuliskan info perkiraan tagihan pelanggan.
2. Masukkan nomor ID PDAM Anda ke kolom yang sudah di sediakan, kemudian tekan submit.
3. Tunggu proses muat hingga selesai, maka Anda akan menemukan kolom baru yang bertuliskan tagihan Anda dan informasi singkat dari akun tersebut. Jumlah tagihan yang tertera adalah tagihan dari bulan terakhir, jadi Anda bisa langsung mempersiapkan  dananya.

b. Lewat Aplikasi Resmi PDAM
Sampai saat ini belum ada aplikasi resmi dari pihak PDAM untuk keseluruhan wilayah, altrnatifnya adalah menggunakan aplikasi yang telah di sediakan di wilayah Anda tinggal. Jika wilayah Anda belum memiliki aplikasi, Anda bisa menggunakan langkah pertama untuk mengecek tagihan.

Namun, jika wilayah Anda sudah memiliki aplikasi, Anda bisa langsung mengunduhnya lewat market place aplikasi ponsel ataupun menggunakan link unduhan dari website resminya. Langkah selanjutnya adalah memasang aplikasi tersebut di HP, kemudian membukanya seperti aplikasi biasa.

1. Masuk ke aplikasi, dan klik menu tagihan untuk mengetahui jumlah tagihan yang perlu Anda bayarkan. Jangan lupa masukkan ID PDAM Anda terlebih dahulu untuk melakukan login.
2. Setelahnya, masukkan nomor sambungan PDAM Anda, nama, serta kabupaten atau kota di tempat Anda tinggal. Kemudian akan muncul berbagai instansi PDAM di seluruh Indonesia, pilih yang nama PDAM sama dengan nama daerah Anda berlangganan.
3. Tunggu hingga proses muat selesai dan akan ada menu baru bertuliskan ‘simpan’. Pilih menu tersebut dan tunggu hingga tagihan Anda muncul di layar HP Anda.

Demikianlah dua langkah mudah untuk melakukan pengecekan tagihan via ponsel atau HP. Selain menggunakan dua cara tersebut, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pembayaran daring lewat toko online langganan Anda.

0 Response to "Cara Cek Tagihan PDAM Secara Online Melalui HP"

Post a Comment

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel