Cara Backup Kontak Android ke Iphone dan Sebaliknya

Kontak adalah kumpulan data berupa nomor yang sangat penting di dalam perangkat smartphone. Tentulah kontak ini akan selalu diharapkan pemiliknya untuk tetap ada di dalam bagian dari Handphonenya apapun yang terjadi. Munculnya smartphone yang dengan merek Iphone membuat masyarakat banyak yang beralih menggunakan hp keluaran perusahaan Apple ini. namun ada beberapa orang yang terkadang bingung karena tidak bisa memindahkan atau backup kontak dari android lama ke Iphone barunya. Padahal itu sangat mudah dilakukan.
Cara Backup Kontak Android ke Iphone dan Sebaliknya

Cara Backup Kontak Android ke Iphone dan Sebaliknya yang Sangat Mudah Dilakukan

Ada beberapa cara yang sangat membantu para pengguna Iphone untuk bisa membackup kontak yang ada di andoridnya. Bahkan cara ini terbilang sangat simpel dan tidak ribet. Nah, langsung saja simak di bawah ini.

1. Membuat File berupa VCF

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk bisa memindahkan seluruh isi kontak ke Iphone adalah dengan membuat file berupa VCF. Tips ini sangat rekomendasi bagi para pemilik smartphone yang tidak terlalu menyukai data pribadinya harus ada di penyimpanan awan. Mungkin cara ini tidak asing lagi untuk orang-orang yang dulunya belum mengenal smartphone. Sebab tips ini menjadi satu-satunya ketika ingin backup kontak dari satu Hp ke Hp lain.

Langkah awal, silahkan masuk ke dalam aplikasi kontak pada perangkat Andorid yang dimiliki. Kedua, klik menu gambar titik berjumlah tiga yang ada di kanan atas lalu tekan tulisan import/export. Ketiga, pilihlah Export to. Vcf dan secara otomatis file akan disimpan pada perangkat android. Keempat, kirim fila. Vcf yang sudah dibuat tadi ke Hp Iphone, atau bisa lewat email pemilik yang aktif. Kelima, bukalah file. Vcf yang tadi dikirim, maka semua kontak akan langsung berpindah pada Hp Iphone.

2. Sinkronisasi lewat akun email

Tips memindahkan kontak dari android ke Iphone yang termudah adalah melakukan sinkronisasi lewat akun email yang aktif. Cara ini sudah sangat umum dilakukan oleh semua pengguna android. Jadi tak heran jika kebanyakan orang lebih memilih menggunakan cara ini. sebelum melakukan sinkronisasi, alangkah baiknya jika pengaturan tentang sinkronisasi harus sudah menyala.

sangat mudah, pemilik hanya perlu menghubungkan akun emailnya ke perangkat Iphone. Melalui setting> mail, contacts, calendar,>gmail. Setelah memastikan bahwa perangkat sudah terhubung maka silahkan lanjutkan untuk memilih data penting apa saja yang ada di email. Secara otomatis Iphone akan langsung mensinkronisasi semua data dengan server google, termasuk data kontak.

3. Menggunakan aplikasi Move to ios

Iphone sebenarnya sudah dilengkapi dengan aplikasi move to ios yang sudah tersedia di google play. Aplikasi ini memiliki fungsi sebagai pemindah data-data yang ada pada perangkat android, salah satunya kontak. Langkahnya sangat simpel, pertama, download dahulu aplikasi move to ios lalu masuk ke aplikasi itu. Kedua, nyalakan Iphone lalu pilih tulisan move data from android. Ketiga, silahkan masukkan PIN yang ada di Iphone ke aplikasinya. Keempat, semua data akan ditransfer ke Iphone jika sudah terhubung.

4. Via SIM card

Cara selanjutnya bisa menggunakan via SIM card. Hal pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke menu kontak, lalu pilih menu backup semua data dari nomor telepon ke SIM card. Kedua, setelah selesai membackup silahkan cabut kartu dari perangkat android lalu masukkan ke Iphone. Ketiga, pastikan kartu sudah masuk dan terhubung, kemudian masuk ke dalam menu setting, pilih contact dan tekan pilihan import SIM contacts.

Cara Backup Kontak Android ke Iphone dan Sebaliknya yang Rekomendasi untuk Dicoba

Jika tadi sudah membahas tentang bagaimana cara memindahkan kontak android ke Iphone maka sekarang adalah pembahasan terkait keterbalikannya. Cara backup kontak Iphone ke android itulah tepatnya topik yang akan dibahas di bawah ini.

1. Menyinkronisasi lewat akun google

Cara pertama ialah dengan menyinkronisasi lewat akun google. Langkah pertama, pastikan terlebih dahulu jika telah memiliki akun google, akan tetapi jika belum silahkan buat dulu. Langkah kedua, lanjutkan dengan membuka menu setting yang ada di dalam perangkat Iphone, dan pilihlah opsi mail, contact, calendar. Langkah ketiga, setelah selesai memilih opsi lanjutkan mencari opsi pilihan yang bertuliskan add account dan pilih juga opsi gmail. Langkah keempat, lanjutkan dengan mengatur data-data penting apa saja yang akan disinkronisasikan dengan akun google.

Langkah kelima, jika sudah memilih dan melakukan sinkronisasi, tunggu sampai selesai lalu tambahkan akun google di perangkat android. Langkah keenam, setelah itu buka akun setting di android dan tekan accounts, lalu pilih google, dan yang terakhir masuk ke akun google yang sudah terdaftarkan dan dipakai tadi. Langkah ketujuh, lakukan sinkronisasi serta memilih pilihan google pada menu accounts, sebagai penutup silahkan klik akun yang akan disinkronisasi.

2. Menggunakan via aplikasi

Ada pula cara simpel dan rekomendasi yang dapat dicoba, yaitu menggunakan via aplikasi. Aplikasi tersebut bernama My Contact Backup. Langkah pertamanya pastikan dulu jika aplikasi ini sudah terpasang di handphone, jika belum silahkan download terlebih dahulu di appstore atau play store. Langkah kedua, masuklah ke dalam aplikasi yang telah di download tersebut.

Langkah ketiga, setelah terbuka maka layar akan menampilkan button untuk memindahkan data kontak serta info terkait dengan keseluruhan data kontak yang ada di Iphone. Langkah keempat, setelah proses pemindahan data atau backup selesai, maka akan muncul button email yang akan digunakan untuk menyinkronisasikan kontak dengan akun email yang dimiliki.

3. Transfer via Cloud

Cara terakhir adalah menggunakan Could untuk mentransfer semua data kontak. Pertama, silahkan membuka menu setting kemudian pilih opsi mail, contact, calendar. Kedua, silahkan klik pilihan account dan carilah Could. Ketiga, lakukan pengubahan toggle pada contact, dan apabila server dari Iphone meminta Merge silahkan setujui saja. Keempat, bukalah alamat iCould.com lewat browser atau chrome pada computer, silahkan lakukan login serta pilih opsi meu contact.

Kelima, pilihlah semua data dengan cara klik ikon berbentuk seperti roda gigi yang ada pada bagian bawah kiri dan klik select all. Keenam, klik roda gigi satu kali lagi serta pilih menu Export vCard. Ketujuh, setelah itu bukalah contacts.google.com dan klik more. Lanjutkan ke pilihan Import dan pilih Choose file. Kedelapan, klik file vCard yang telah didapat lalu sinkronisasikan dengan akun google pada perangkat android.

Demikianlah uraian singkat terkait bagaimana cara memindahkan atau melakukan backup kontak dari android ke Iphone dan sebaliknya. Semua langkah yang tertulis memiliki kemiripan hanya saja ada beberapa opsi yang membedakan diantara kedua cara tersebut. Jika ingin mencoba pilihlah yang paling mudah menurut pribadi masing-masing agar proses backup bisa berjalan dengan lancar.

0 Response to "Cara Backup Kontak Android ke Iphone dan Sebaliknya"

Post a Comment

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel