Cara Cek Tagihan Listrik PLN Oline Melalui HP

Jika Anda belum menggunakan listrik pulsa, maka biasanya tagihan listrik akan dikirimkan kepada Anda setiap bulannya. Untuk mempermudah akses masyarakat guna mengecek biaya tagihan listrik, PLN sudah menyediakan beberapa opsi untuk melakukannya lewat HP. Jadi Anda tidak perlu menunggu PLN memberikan laporan, sebab Anda bisa langsung mengeceknya kapan saja.
Cara Cek Tagihan Listrik PLN Oline Melalui HP

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Online Melalui HP dengan Mudah

Untuk mengecek tagihan listrik, terdapat 3 cara yang disediakan oleh PLN sebagai perusahaan penyedia listrik, yakni dengan aplikasi khusus dari PLN dan mengeceknya melalui dua aplikasi belanja daring, Shopee dan Tokopedia.

a. Menggunakan Aplikasi PLN Mobile

Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut dii market place sistem operasi ponsel Anda atau lewat situs legal yang menyediakannya, sesudahnya pasang di HP sesuai dengan prosedur pemasangan aplikasi pada umumnya.

  1. Buka aplikasi dan cari menu bertuliskan pembayaran, kemudian pilih lagi menu yang bertuliskan informasi tagihan dan token listrik. 
  2. Masukkan kode ID PLN Anda kemudian konfirmasi dengan memilih menu bertuliskan cek transaksi. Pastikan Anda sudah memeriksa nomornya dengan benar. 
  3. Tunggu proses muat selesai, kemudian akan muncul tagihan yang perlu Anda bayarkan.
Lakukan screenshoot untuk menyimpannya di galeri ponsel Anda, karena informasi tidak bisa di unduh.

b. Menggunakan Tokopedia

Tokopedia telah bekerja sama dengan PLN untuk menyediakan informasi terkait biaya tagihan dan metode pembayaran bagi penggunanya. Anda harus mengunduh aplikasi Tokopedia kemudian memasangnya di ponsel Anda. Cara membayar PLN lewat Tokopedia cukup mudah, caranya adalah:


  1. Unduh dan kemudian pasang aplikasi Tokopedia, buat akun kemudian pilih menu yang bertuliskan tagihan. 
  2. Kemudian pilih lagi menu bertuliskan listrik PLN dengan simbol lampu berwarna kuning. 
  3. Pilih bulatan yang memiliki tanda tagihan listrik, kemudian masukkan nomor ID PLN Anda di kolom yang telah di sediakan. 
  4. Tunggu proses muat hingga selesai maka Anda akan mendapatkan informasi mengenai biaya listrik yang Anda gunakan dalam satu bulan terakhir. Di kolom tersebut Anda juga bisa mendapatkan informasi singkat mengenai akun dan penggunaan listik yang Anda lakukan. 
  5. Anda juga bisa langsung membayar tagihan tersebut via Tokopedia dengan memasukkan jumlah nominal dan membayarnya secara daring, jadi Anda tidak perlu repot ke bank atau ke kantor PLN untuk membayar tagihan. 


Untuk aplikasi Shopee, caranya kurang lebih sama dengan cara mengecek tagihan di Tokopedia. Di Shopee, Anda juga bisa membayarkannya secara langsung melalui transfer secara daring. Perkembangan teknologi benar-benar bisa mempermudah kegiatan pembayaran tagihan masyarakat, apalagi dengan hadirnya tempat belanja online dengan fitur yang lengkap. Semoga informasi tersebut bisa membantu Anda untuk mengetahui cara membayar tagihan lewat HP.

0 Response to "Cara Cek Tagihan Listrik PLN Oline Melalui HP"

Post a Comment

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel