Cara cek VRAM Laptop dengan Mudah dan Cepat

Pengguna perangkat dekstop biasanya tidak asing dengan penggunaan VRAM. Sebagai komponen tambahan untuk bagian grafis dan VGA Card, VRAM di gunakan ketika hendak bermain game di PC. Sehingga pemain bisa menikmati grafis yang lebih baik untuk di tampilkan di layar dekstop komputer. Namun, spesifikasi VRAM tidak semua sama tingkatannya untuk komputer, makin tinggi VRAM yang di pasang, maka makin nyaman dan cepat proses muat grafis games.
Cara cek VRAM Laptop dengan Mudah dan Cepat

Langkah Mudah Cara Cek VRAM untuk Windows

Windows merupakan software sistem aplikasi yang paling banyak digunakan di dunia. Jadi mengecek VRAM di Windows lebih mudah dilakukan daripada menggunakan sistem operasi lainnya. Berikut merupakan dua cara untuk melakukan cek VRAM yang sering dilakukan.

a. Menggunakan Windows Setting

Langkah awal untuk cara pertama ini adalah membuka bagian Windows Setting yang terdapat di bar khusus Menu. Simbol untuk pengaturan adalah gerigi kecil yang terletak di pojokkan halaman. Cara lebih mudah untuk mencari tombol Setting adalah melakukan pengetikan di bagian Start Menu.


  1. Pilih menu bertuliskan system, kemudian cari yang bertuliskan display. Akan muncul halaman baru yang menujukkan display yang digunakan oleh perangkat Anda. 
  2. Cari fitur yang bertuliskan display adapter properties, kemudian akan muncul jendela khusus bertulskan generic PNP Monitor dan nama dari kartu grafis ynag di pakai. 
  3. Cek tulisan yang bernama dedicated video memory dan lihat besaran angka yang dihasilkan. 
  4. Untuk membacanya, Anda bisa menggunakan size gigabyte. Jadi semisal angka yang muncul adalah 2050 MB, berarti ukuran VRAM Anda adalah 2 GB.


Menggunakan Menu Dxdiag

Cara selanjutnya masih menggunakan fitur bawaan Windows, yakni Dxdiang. Untuk membukanya, tekan secara bersamaan keyboard windows dan huruf R. Kemudian ketikkan dxdiang di kolom yang telah disediakan, kemudian tekan ok atau gunakan keyboard enter. Anda juga bisa langsung mengetikkan dxdiang di perambahan kolom Start.


  1. Setelah menekan dxdiang, secara otomatis akan terbuka halaman baru yang bertuliskan informasi terkait perangkat yang Anda gunakan. 
  2. Pilih menu bertuliskan display dan tunggu proses muat sampai selesai. Jika sudah, Anda bisa mengecek bagian VRAM yang terletak di kolom device. 
  3. Akan muncul display memory yang digunakan dan seperti cara sebelumnya, bulatkan menjadi size yang menggunakan eksistensi gigabyte. 


Berbeda dengan cara yang pertama, cara kedua tidak menampilkan secara keseluruhan VRAM yang digunakan oleh perangkat. Namun hanya memperlihatkan besaran VRAM yang masih tersisa dan bisa digunakan.

Demikianlah langkah cepat dan mudah untuk melakukan pengecekan pada besaran VRAM yang di miliki oleh perangkat komputer. Jika ukurannya kecil, jangan memaksakan perangkat Anda agar perfoma perangkat desktop tidak mudah terganggu.

0 Response to "Cara cek VRAM Laptop dengan Mudah dan Cepat"

Post a Comment

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel