Tips dan Cara Mendapatkan Uang dari YouTube Untuk Pemula

YouTube merupakan channel yang sering digunakan para content creator untuk memberikan sebuah video-video menarik mereka. Di balik itu semua, para YouTuber tersebut telah meraup banyaknya uang dari video yang mereka upload tiap waktunya. Bila Anda telah mengetahui hal tersebut, tentunya sangat menginginkan untuk segera membuat channel sendiri. Namun, jangan khawatir, berikut cara mendapatkan uang dari YouTube yang sangat diinginkan oleh pemula.
Tips dan Cara Mendapatkan Uang dari YouTube Untuk Pemula

Tips dan Cara Memperoleh Uang Dari Channel Youtube Pribadi untuk Pemula

1. Membuat akun dan channel YouTube

Awal dari memulai karir di YouTube tentunya harus memiliki akun dan channel sendiri terlebih dahulu. Cara paling mudah untuk membuat akun dengan mengkaitkan langsung dengan akun Google Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengisi banyak formulir yang ditanyakan untuk memperoleh akun tersebut. Buatlah nama channel pribadi Anda yang menarik atau dengan mengaitkan video bertema apa yang nanti Anda kerjakan.

2. Mempersiapkan alat untuk membuat video

Alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat sebuah video, tentu saja adalah sebuah kamera. Namun untuk seorang pemula, gunakanlah kamera ponsel sebagai modal awalnya. Seiring dengan berkembangnya channel Anda, pastinya untuk memberikan layanan yang terbaik untuk subscriber-subscriber tingkatkanlah dengan membeli kamera dan alat-alat lainnya yang mendukung agar video yang dihasilkan semakin baik.

3. Menentukan tema yang khas dari channel Anda

Tema sebelum memulai membuat video-video menentukan siapa target penonton dari video Anda. Tentukan tema yang akan menjadi ciri khas di channel YouTube Anda. Misal, tutorial, gaming, traveling, daily vlog, dan sebagainya. Sehingga Anda akan tahu hal-hal apa saja yang ingin Anda bagikan kepada para penonton. Lebih mudahnya adalah tentukan tema yang sesuai dengan hobby dan minat Anda agar dapat membuat banyak sekali video-video tersebut nantinya.

4. Membuat konsep

Konsep yang dimaksud adalah membuat sebuah konten yang menarik dari hari ke hari. Masih berhubungan dengan tema, buatlah video-video yang masih berhubungan dengan video-video sebelumnya sehingga tampak seperti sebuah alur cerita yang ingin Anda bagikan. Bila Anda kekurangan ide untuk membuat sebuah video, coba berinteraksilah dengan para penonton. Biasanya para penonton Anda akan senang bila permintaan mereka ditanggapi dan dikabulkan.

5. Menentukan jadwal tayang video

Menentukan jadwal sebuah video merupakan sebuah trik yang dilakukan oleh para YouTuber untuk mendapatkan penonton yang banyak. Anda harus mengetahui jam-jam berapa saja orang mulai menonton YouTube, serta hari yang pas untuk mengupload. Untuk seorang pemula, unggalah video Anda seminggu sekali di hari yang sama, agar para penonton merasa penasaran dengan video selanjutnya.

6. Memulai dengan video yang sangat menarik 

Tentu saja Anda harus membuat sebuah video konten yang membuat para penonton ingin melihat video tersebut. Cobalah dengan melakukan hal-hal sederhana yang menjadi minat para penonton. Misal saja, bila Anda sebagai tutor mengajar bahasa, buatlah sebuah video yang mengenalkan kosa kata sehari-hari, dan sebagainya. Memang tidak mudah dalam berbicara dan pasti ada kesalahan yang terjadi terutama di video pertama, namun nantinya bisa diedit untuk mendapatkan sebuah video yang berkualitas.

7. Beri judul, pembuka, dan penutup video yang menarik

Berilah sebuah judul yang membuat orang-orang mau membuka video Anda dengan kata pancingan menarik. Sesuaikan dengan keyword yang Anda tentukan dengan video tersebut. Serta berilah sebuah video pembuka dan penutup singkat yang sangat khas dengan Anda. Jangan menjiplak pembuka dan penutup orang lain karena akan terkena copyright.

8. Melakukan editing video

Untuk editing video, disarankan untuk menggunakan software editing video yang sederhana khususnya untuk seorang pemula. Jangan terlalu memaksa menggunakan program yang biasanya digunakan oleh seorang profesional. Di samping memakan waktu yang lama, hasil videonya malah menjadi hancur. Potong bagian video yang dirasa tidak perlu untuk diperlihatkan bagian pentingnya.

Dengan menggunakan editing, dianjurkan untuk memperoleh video yang berdurasi 10 hingga 15 menit. Karena durasi yang terlalu lama akan membuat para penonton bosan. Dengan durasi 10 menitan itu, berikan semua yang terbaik dalam satu video yang berkualitas tentang apa yang ingin Anda sampaikan. Dengan video yang berdurasi singkat tersebut, membuktikan bahwa Anda mampu menjadi seorang YouTuber profesional. 

9. Monetisasi dan menyambungkan channel YouTube dengan AdSense

Bila sudah melakukan langkah poin-poin di atas, tentu saja Anda masih belum memperoleh penghasilan dari YouTube. Anda harus melakukan yang namanya monetisasi terlebih dahulu agar uang yang Anda dapatkan bisa cair. Ini hal terakhir yang harus diperhatikan karena sangat berkaitan dengan penghasilan Anda.

Untuk melakukan monetisasi cukup mudah. Dengan cara masuk ke dalam YouTube menggunakan akun pribadi Anda, kemudian pilih ‘Account Information’ yang berada di kanan atas dan pilih ‘Creator Studio’. Selanjutnya pilih ‘Channel’ dan pilih ‘Status and Feature’. Terakhir ‘Enable Monetisation’ dan setujui Term of Service yang diberikan kepada Anda.

Tidak hanya sampai di situ saja, selanjutnya Anda akan langsung dipindahkan ke halaman AdSense. Isilah beberapa informasi mengenai akun Anda yang ingin dibuatkan AdSense dan setujui persetujuan yang telah tersedia. Lalu klik “Creat Account”. Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi data diri serta alamat tempat tinggal berada saat ini. Isi dengan benar agar nanti surat verifikasi sampai di tangan Anda. Klik ‘Submit’.

Selanjutnya lakukan pengaturan iklan yang ingin Anda tempatkan pada video. Pilih ‘Start’ pada halaman Monetisation. Kemudian Anda akan diminta untuk memilih salah satu jenis dari 4 jenis iklan yang disediakan. Disarankan untuk memilih ‘Skippable Video Ads’ karena memiliki nilai pendapatan yang sangat besar. Lalu, aktifkan ‘Monetize all existing and future videos’ dan ‘Save’.

Sampai di situ saja untuk mendapatkan persetujuan dari AdSense. Selanjutnya Anda diharuskan untuk menunggu keputusan agar permintaan pengajuan disetujui untuk menjadi YouTube Partner Program.

Agar disetujui, ada persyaratan yang harus Anda penuhi terlebih dahulu untuk dipenuhi semuanya. Persyaratannya yakni, Anda harus mendapatkan 4.000 jam tayang dari video-video yang sudah diunggah serta 1.000 subscriber, yang mana harus didapatkan hanya dalam kurun waktu 12 bulan dari proses persetujuan AdSense.

Sangat disarankan untuk mengunggah banyak video terlebih dahulu untuk memperoleh target persyaratan tersebut. Bila sudah mencapai target, Anda akan menerima surat dari AdSense ke alamat yang sudah Anda input di formulir, yang mana terdapat PIN AdSense.

Itulah cara memperoleh uang dari channel YouTube secara mudah terutama untuk para pemula. Di balik semua YouTuber yang telah mempertontonkan semua penghasilannya, pastinya ada perjuangan yang cukup lama dalam bidang ini. Oleh sebab itu, konsistensi dan kesabaran sangat dibutuhkan dalam membuat sebuah video konten yang bermutu. Serta perhatikan persetujuan agar channel yang sudah Anda bangun tidak terkena take down akibat sebuah video yang sama dengan milik orang lain.

0 Response to "Tips dan Cara Mendapatkan Uang dari YouTube Untuk Pemula"

Post a Comment

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel