Cara Download Nilai Google Classroom Untuk Guru

Google Classroom merupakan platform LMS (Learning Management System) yang menurut saya paling mudah digunakan. Selain mudah biayanya pun nyaris nol, kecuali biaya paket data untuk mengaksesnya. Selain mudah dan murah tentu saja ada kekurangannya, LMS gratis dari google ini bagai bumi dan langit apabila disandingkan dengan LMS lainnya yang memerlukan pengembangan dan biaya secara mandiri kita ambil saja contoh Moodle. 
Cara Download Nilai Google Classroom Untuk Guru

Ok, meskipun demikian Google Classroom sudah cukuplah mengakomodasi kegiatan seperti berbagi materi ke siswa, link video, serta link soal dengan menggunakan Google Form atau platform lainya seperti Quizizz, Quizlet, dan lain-lain. Selain itu, hasil belajar siswa juga dapat ditampilkan pada Google Classroom. 

Sebagai seorang Guru sudah menjadi kewajiban untuk memberitahukan hasil pekerjaan siswa baik berupa tugas maupun tes. Bagi guru yang menggunakan Classroom bisa memasukan nilai siswanya pada Classroom sehingga siswa tahu nilainya sendiri.

Sebagai catatan, sebelum memasukan nilai pada Classroom pastikan anda membuat penugasan pada Classroom, hal ini bertujuan agar kolom nilai muncul pada menu Nilai atau Grade pada Classroom. Setelah siswa mengerjakan dan mengumpulkan tugas, selanjutnya tugas guru memeriksa atau menilai tugas tersebut. Nah selanjutnya memasukan nilai tersebut pada Classroom.

Nah, apakah nilai-nilai yang langsung dimasukan tadi bisa didapatkan filenya? Jawabanya tentu saja bisa. Nilai-nilai tersebut akan teradministrasi dengan baik dan dapat diunduh dengan format file yang dapat dibuka dengan menggunakan software Microsoft Excel. Langkah-langkahnya pun sangat muadah

Cara Download Nilai Google Classroom

  1. Buka aplikasi classroom pada browser anda
  2. Pilih kelas yang akan diunduh nilainya
  3. Pilih menu "Tugas Kelas" atau "Classwork"
  4. Pilih salah satu tugas yang telah dinilai, kemudian klik "Lihat Tugas"
  5. Kemudian, klik roda gerigi (terletak pada kanan atas) dan akan muncul tiga opsi, pili yang pertama "Salin semua nilai ke spreadsheet"

    Cara Download Nilai Google Classroom Untuk Guru

  6. Kita akan diarahkan ke spreadsheet, untuk mengunduh nilai tersebut. Klik "File", "Download", dan pilih "Microsoft Excel (.xlsx)"

    Cara Download Nilai Google Classroom Untuk Guru

  7. Simpan file tersebut pada folder yang mudah anda temukan
Nah, demikian mengenai cara download nilai pada Google Classroom. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Download Nilai Google Classroom Untuk Guru"

Post a Comment

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel