Bagaimana Mengajarkan Cara Berhitung Untuk Anak Prasekolah?

Anak-anak biasanya mulai diajarkan berhitung sejak menginjak masa taman kanak - kanak (TK) dan kelas satu, tetapi kita bisa mulai mengajarkan keterampilan matematika kepada anak lebih awal. Keterampilan yang dajarkan kepada anak Anda dapat berfungsi sebagai dasar yang dapat digunakan anak ketika guru memperkenalkan konsep matematika di sekolah nantinya. Mengajarkan anak berhitung bisa menyenangkan dan mudah dengan menggunakan strategi sederhana yang akan membantu anak mengembangkan ketertarikannya pada angka.

belajar berhitung untuk paud

Ketika anak-anak berusia sekitar satu tahun, sebagai orang tua, kita dapat mulai mengajari mereka mengenai angka dan berhitung dengan memodelkan angka itu dengan benda-benda di sekitar atau aktiifitas keseharian anak


Manfaat Mengajarkan Anak Prasekolah Berhitung

Mengajar anak prasekolah berhitung akan meningkatkan kesiapan mereka untuk konsep matematika lain yang akan diajarkan di masa depan, seperti penjumlahan dan pengurangan. Salah satu cara untuk memulainya adalah dengan memberi tahu anak Anda berapa usianya sambil menunjukkan jumlah jari yang benar. Kemudian minta dia melakukan hal yang sama. Jika anak belum dapat untuk melakukannya, teruskan saja sesekali tunjukkan padanya. Akhirnya, dia akan mengangkat jumlah jari yang benar. Saat dia melakukannya, beri umpan balik misalnya dengan mengatakan, "Itu benar!"

Hal yang utama dan harus diingat adalah menjaga agar kegiatan mengajar ini menjadi menyenangkan dan tanpa membebani si anak. Tujuannya di sini adalah untuk mendemonstrasikan dan membuat model konsep sampai anak Anda menginternalisasinya dan dapat memodelkannya kembali. Mendesak atau memarahi anak adalah tindakan yang tidak tepat, karena akan menyebabkan kecemasan dan stress pada anak dan harus dihindari. Ingatlah anak-anak berkembang dengan kecepatan mereka sendiri , dan ketika mereka siap, mereka akan belajar dan merespons.


Mengajarkan Cara Berhitung untuk Anak

Ada banyak cara untuk memodelkan konsep dan penghitungan bilangan awal. Misalnya, saat kita menyuapi anak makan, hitung dengan keras sendok demi sendok saat kita menyendok makanan di piring. Atau saat mewarnai, berikan anak krayon dan katakan, "Ini satu krayon." Beri dia dua dan katakan, "Ini dua krayon." Tunjuklah benda-benda di rumah Anda dan hitunglah dengan melibatkan anak. Jadikan berhitung sebagai bagian alami dari interaksi Anda dengan anak Anda, dan dia bahkan tidak akan menyadari bahwa dia sedang belajar. Anda mungkin mendapati anak Anda ingin ikut menghitung bersama Anda. Jika memungkinkan dan aman untuk melakukannya, biarkan anak Anda menyentuh benda yang dia hitung saat dia menghitung atau saat Anda menghitung.

Buat pelajaran tetap singkat, dan cari peluang untuk menyisipkan konsep berhitung kapan pun memungkinkan tanpa berlebihan. Anak-anak prasekolah memiliki rentang perhatian yang pendek, jadi kreatiflah dalam menemukan peluang tanpa mengurangi minat anak Anda.

Sekali lagi, ingatlah bahwa menjadi model adalah bagian terpenting dalam memperkenalkan angka kepada anak Anda, dan jangan berkecil hati jika dia tidak langsung mengerjakan tugasnya. Teruslah menjadi model secara teratur, dan anak Anda pada akhirnya akan mulai belajar dan menunjukkan pemahaman. Saat anak Anda melakukan aktivitas ini, dia memperkuat keterampilan berhitung dan membangun keterampilan mental yang diperlukan untuk belajar menambahkan.

Sambil mewarnai, saat anak Anda mulai menghitung satu per satu, Anda dapat memintanya untuk meletakkan satu benda, seperti krayon, di tangan Anda. Tunggu dia merespons. Jika dia tidak menjawab, ambil satu krayon dan katakan, "Ini satu krayon."

Terus lakukan demonstrasi secara berkala. Akhirnya, anak Anda akan melakukan apa yang Anda minta dan meletakkan krayon di tangan Anda. Setelah dia melakukan ini secara konsisten, minta dia untuk meletakkan dua benda di tangan Anda. Ketika dia melakukan ini secara konsisten, mintalah tiga dan seterusnya.

Menghitung mudah dilakukan setiap hari, karena anak-anak dapat menghitung apa saja. Matematika ada di mana-mana di dunia kita

0 Response to "Bagaimana Mengajarkan Cara Berhitung Untuk Anak Prasekolah?"

Post a Comment

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel